Posted by : Unknown Kamis, 04 Desember 2014



Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Selamat pagi, siang, sore, malam, dini hari lalu pagi lagi. Apa kabar semuaya ? ane harap agan semua dalam keadaan sehat wal afiat and kalopun ada yang sakit mudah-mudahan cepat sembuh. Amin Ya Robbal ‘alamin. Kembali jumpa bersama admin terkece diblog ini *adminnya cuma satu, iya satu orang* Semoga tidak jenuh dan bosan dengan salam sapaan dari ane dan tidak bosan dengan coretan gak penting yang sedikit agak ngawur *banyak sih ngawurnya*. Baik, tanpa memperpanjang mukadimahnya lagi, kita langsung menuju ketopik bahasan.
Kita semua pasti pernah jadi anak kecil, ga ada yang langsung gede kan kecuali anak raksasa ama anak ge ajah. Saat-saat menjadi anak kecil itu menyenangkan tapi susah dijalanin *korban iklan*. Tapi menjadi bocah itu sangat tidak menyenangkan, mengapa ? karena kalo kita dibilang bocah, itu sama artinya dengan kita dibully. Gak pecaya, coba aja komeng atau posting di forum atau digrup-grup. Kalo agan posting disane  dengan kata “ane bocah” dapat dipastikan semua orang yang ada di forum atau digrup itu akan ngebully agan, bahkan yang gak pernah berbicara atau silent reader sekalipun akan ikut komeng. Gak nyambung ya ? iya sih, kalo gitu lupakan be.
Menjadi anak kecil, kita bisa melakukan having fun tanpa takut terhadap apapun, have fun. Tapi hal paling menyakitkan ketika menjadi anak kecil adalah setiap hari, kita selalu ditindas dan di diskriminasi, baik orang yang lebih gede dari kita, orang dewasa maupun orang tua kita sendiri. Tidak ada yang lebih menyakitkan kecuali ditipu orang yang lebih gede dari kita. Yang namanya anak kecil itu orang yang polos dan mudah tersinggung, baik dari hal yang paling kecil maupun masalah paling gede. Tapi masih ada hal menyenangkan yang gak bisa ditemuin, setidaknya saat ini. Berikut akan ane sajikan hal / tragedi paling nyesek dan paling menyenangkan ketika masih kecil versi Doc. Bagaher.
1.                  Jatuh dari Sepeda
Hal pertama yang paling nyesek adalah ketika belajar naik sepeda lalu jatuh. Waktu kecil ada perasaan yang gimana gitu kalo ngeliat temen bersepeda ria, rasanya kita juga pengen bisa naik sepeda. Blajar sepeda pertama kali pasti kita make roda bantu yang letaknya disamping, dimana ? disamping pak kusir yang sedang bekerja, iya disamping roda blakang. Pasti waktu blajar kita pernah jatuh, hal yang biasa menurut orang lain tapi iya itu menurut orang lain, menurut ane sih sakit banget. Orang yang ngliat anteng-anteng wae, cuma melongo, ngliatin serta nyengir  and bilang “jangan nangis dek, kalo jatuh itu tandanya kamu akan bisa bawa sepeda” begitulah tutur orang dewasa yang merasa tidak berdosa, yang tidak mengerti perasaan anak kecil yang kalo jatuh iya nangis. Kita sebagai anak kecil saat itu cuma bisa ngangguk dan orang yang cuma nyengir itu tidak pernah tau bagaimana rasanya jatuh ! sakitnya tuh dimana coba !

2.                  Main Petak Umpet
Yap, bermain petak umpet atau dalam kamus bahasa inggris ane “Hiding Square” adalah permainan yang menyenangkan, apalagi ketika temen yang nyari kita alias jadi tim SAR dadakan :matabelo: paling asyik main petak umpet adalah saat malam hari.Biasanya kalo main petak umet itu make batas tapi anehnya dan serunya kebanyakan dari kita pasti akan melanggar peraturan dan melewati batas yang telah ditentukan. Tujuannya Cuma satu, yaitu agar susah dicari. Setuju ? ini termasuk kategori cheating, tapi ini menjadi hal yang paling mengasyikkan. Didaerah ane dan mungkin juga didaerah lain, ada aturan yaitu kita bisa time out / freeze dan didaerah ane dikenal dengan nam “CAGI”. Cagi ini bisa dilakukan karena beberapa faktor yaitu pertama, saat capek beneran atau pura-pura capek setelah itu lari lagi dan yang kedua, tempat persembunyian kita ditunjukin orang lain. Cagi juga punya 2 kategori, yang pertama Cagi Legal dan Cagi Ilegal. Didaerah ane Cagi Ilegal dikenal dengan nama “Cagi Tapsak” yaitu time out / freeze saat terdesak. Menurut ane, main petak umpet adalah hal paling menyenangkan dan keringetan.

3.                  Kejar-kejaran
Ini termasuk kategori menyenangkan tapi sekaligus juka menyakitkan. Kalo main ama sebaya pasti tata cara maupun peraturannya adil. Tapi sangat berbeda jauh ketika kita main ama orang yang lebih gede pasti mereka akan berbuat semena-mena dan membuat peraturan seenak perut mereka karena mereka merasa, merekalah yang paling kuat dan berkuasa. Tapi kebanyakan anak kecil akan nerima walaupun nantinya protes. Setelah main dan semua yang lebih gede ketangkep, biasanya yang gede itu akan pergi dan akan bilang mereka sudah capek. Ini menjadi hal paling menyakitkan dan paling nyesek, sakitnya itu dimana coba ? Tapi permainan ini juga menyenangkan ketika main  ama sebaya, permainannya adil dan juga menyenangkan. Permainan ini didaerah ane juga punya Cagi, seperti poin nomor 2.

4.                  Main Karet / Lompat Tali
Biasanya permainan ini dilaksanakan oleh kaum perempuan tapi yang laki juga ikutan kadang-kadang. Yang paling semangay justru yang laki-laki, apalagi ketika melompat, mereka merasa merekalah yang bisa melakukan lompatan tinggi. Yang paling bawahnya adalah mata kaki lalu lutut, pinggang, dada, bahu, telinga, kepala dan satu jengkal diatas kepala (kila). Setelah itu semua selesai, lanjut tahao yang kedua dan terakhir yaitu “YeYe” ana gak tau apa bahasa indo nya tapi didaerah ane disebut dengan YeYe. Iya, Cuma itu aja keterangannya.

5.                  Kelereng
Hampir semua orang Indonesia pasti kenal dengan permainan yang satu ini, iyap main kelereng.   Benda berbentuk bulat ini pernah beken, setidaknya pada zaman ane, zaman kegelapan. Tapi gak bertahan lama, karena dikampung ane kalo permainan itu punya musim tapi gak teratur musimnya. Sedihnya, sekarang cuma sedikit yang masih melestarikan permainan tradisional ini karena pengaruh teknologi dan modernisasi pada anak kecil. Kelereng itu punya 3 bentuk yaitu kecil, besar dan susu / putih. Yang paling banyak disukai adalah kelereng susu karena langka dan jarang digunakan, yang paling jarang digunakan adalah yang besar karena gak muat ditangan anak kecil dan yang paling sering digunakan adalah yang kecil karena jumlahnya banyak dan mudah dipake. Main kelereng juga punya kategori yaitu main ngumpulin poin / masukin ke lobang, yang duluan nyampe 100 yang bakal menang dan Btahu / taruhan. Kalo Btahu biasanya dibuat bentuk segi empat dan ditambah dengan tanda tambah, iya seperti segi empat sebanyak empat buah dan setiap titiknya diisi dengan kelereng. Masih ingat’kan cara nembakin kelereng, kalo masih coba praktekkan ! kalo lupa itu kelewatan namanya, serc di gugel.

6.                  Gasing / Salgu
Gasing atau Salgu ini merupakan permaina  tradisional yang akan segera punah kalo gak dilestarikan. Salgu yang dimaksud bukan seperti di anime Jepang Blade tapi asli dari Indonesia yang bukan terbuat dari plastik, melainkan terbuat dari kayu, buah etc dan dibawahnya ditancepin pake yang berfungsi sebagai media agar bisa berputar. Mainnya pun bukan ditarik pake media, melainkan dilayangin pake tali yang udah dililitin di salgu. Biasanya dipangkal tali salgu dilpasang penahan agar tali gak lepas waktu ngelayangin Salgu, iya setidaknya begitu tata caranya didaerah ane. Kalo dilihat situasi kondisi saat ini, kayaknya Salgu akan punah karena pengaruh dari teknologi dan modernisasi dan kalopun ada, yang digunakan pasti Gasing Made In Tiongkok. Karena pengaruh modernisasi, kebanyakan permainan tradisional dilupakan. Ane mau melestarikan tapi ane gak tau gimana cara ngebuat gasing maupun tali / medianya. Kita doakan saja semoga tidak puna. Amin.

Yosh, itulah hal yang terjadi dimasa keci, baik nyesek maupun senang yang mungkin gak ditemuin pada zaman sekarang. Semoga dapat bermanfaat, menambah ilmu dan bernostalgia sejenak. Maaf kalo ada yang tersinggung dan kalo ada yang ingin berkomeng, nyaran, maupun nambahin, silahkan isi form dibawah atau kirimin aje ke e-mail pribadi ane zaldiari22[@]gmail[.]com. Terima kasih atas perhatiannya, konichiwa minna-san.
Follow ME On Twitter https://twitter.com/zaldiari_

Leave a Reply

Silahkan coret-coret jika ingin coret-coret. Pengunjung yang baik selalu meninggalkan jejak (komentar)

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Banyak Diliat

Statistik My Blog

Arsip My Blog

- Copyright © Bagaher Blog -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -