Posted by : Unknown Jumat, 24 Januari 2014


 
Cenote Angelita tersusun dari dua kata yaitu Cenote dan Angelita. Cenote merupakan sebuah kata yang diambil dari kata suku maya "d'zonot" yang berarti "sebuah lubang atau gua bawah tanah yang memiliki air". Sedangkan arti "Angelita" (definisi urbandictionary.com) berarti "malaikat kecil". Sederhananya Cenote Angelita memiliki arti "Gua Malaikat Kecil". Istilah Cenote ini digunakan untuk merujuk kepada gua atau lubang yang ada di semenanjung Yucatan, Mexico. Selain Cenote Angelita, di semenanjung Yucatan, ada Cenote - cenote lainnya, seperti Cenote Aktun Ha, Cenote Calavera, Cenote Chac Mool dan lain-lain. Formasi gua-gua ini terhubung dengan laut dan terbentuk sekitar 6.500 tahun yang lalu.


     Mungkin kurang tepat rasanya cenote angelita disebut sungai dibawah laut. Lebih tepatnya cenote angelita merupakan gua bawah tanah yang memiliki air ditengah hutan lebat walaupun airnya terhubung ke laut. Cenote Angelita memiliki diameter 30 m dengan kedalaman 60 m dan sering dijadikan tempat diving oleh para penyelam. Dari info yang saya dapat di yucatanhall.com, jika kita menyelam pada kedalaman 24 m kita akan mendapatkan air yang tawar, dan dikedalaman 32 m kita akan mendapatkan air yang asin. sungai yang kita lihat itu merupakan sebuah ilusi yang diciptakan oleh awan atau kabut. Awan atau kabut tebal itu merupakan lapisan Hidrogen Sulfida yang terbentuk akibat pohon-pohon atau organisme yang membusuk di dasar Cenote. Dan karena itu lapisan ini memiliki bau yang tidak enak seperti telur busuk.

     Dalam deskripsi diatas tadi, 24 m dikedalaman Cenote Angelita kita mendapatkan air yang tawar dan dikedalaman 32 m kita mendapatkan air yang asin. mengapa ada pemisah diantara keduanya ? jawabannya adalah karena campur tangan Halocline yaitu "sebuah zona vertikal di dalam laut dimana kadar garam berubah dengan cepat sejalan dengan perubahan kedalaman. Perubahan kadar garam ini akan mempengaruhi kepadatan air sehingga zona ini kemudian berfungsi sebagai dinding pemisah antara air asin dan air tawar". 

     Cenote Angelita berada tepat ditengah hutan, wajar saja banyak pohon yang jatuh kebawahnya. Bisa jadi pohon tumbang, atau sesuatu yang memasukan pohon kedalamnya (binatang). Lalu, katanya tadi view didalam Cenote ini ada daun-daun yang berjatuhan, mengapa bisa ? Yaa karena itu tadi Cenote ini berada ditengah hutan lebat penuh pohon-pohon, flora dan fauna beragam jenis.

Follow ME On Twitter https://twitter.com/zaldiari_

terima kaih telah berkunjung dan meluangkan waktunya, mudah-mudahan berguna dan menambah pengetahuan !!!

Leave a Reply

Silahkan coret-coret jika ingin coret-coret. Pengunjung yang baik selalu meninggalkan jejak (komentar)

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Banyak Diliat

Statistik My Blog

Arsip My Blog

- Copyright © Bagaher Blog -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -